Kenali Penyebab, Tanda dan Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Januari 31, 2018

Cara mengatasi perut kembung pada bayi selalu menjadi topik yang banyak dicari banyak orang.Perut kembung bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, anak-anak pun bisa mengalaminya. Tentu Anda akan sangat khawatir jika anak mengalami perut kembung. Apalagi si kecil masih berusia bayi dan belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakan sehingga hanya akan menunjukkan dengan tangisan. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk segera mencari informasi tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Pada dasarnya adalah wajar apabila si kecil yang berusia 3 sampai 4 bulan mengalami perut kembung. Hal ini karena pada usia ini sistem pencernaan bayi belum berfungsi dengan maksimal. Namun karena perut kembung ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat bayi menjadi rewel, maka Anda pun harus bergegas mencari tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Namun sebelum itu tidak ada salahnya apabila Anda mengenali dulu apa penyebab perut kembung yang dialami anak. Berikut adalah penyebab perut kembung pada bayi.

Minum selain ASI
Kebutuhan cairan tubuh si kecil memang harus dipenuhi karena ini berpengaruh pada lancarnya sistem pembuangan. Tapi akan berbeda jika ini dilakukan pada bayi yang usianya kurang dari 6 bulan. Pada 6 bulan pertama bayi harus diberi ASI ekslusif atau susu formula. Jadi ketika bayi diberi jenis minuman lain dapat membuatnya mengalami perut kembung.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu
Dulu ketika si kecil masih berada di dalam kandungan mendapatkan nutrisi makanan dari apa yang Anda makan dan minum. Sehingga Anda diharuskan untuk benar-benar selektif dalam memilih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi. 

Kini setelah bayi lahir Anda pun tetap harus memastikan bahwa apa-apa yang Anda makan dan minum adalah baik untuk si kecil. Hal ini karena apa yang Anda konsumsi juga berpengaruh terhadap anak. Terlebih bayi masih minum ASI dari Anda. Jadi untuk mencegah adanya perut kembung, sebaiknya hindari mengonsumsi kubis, brokoli, kembang kol, kacang atau bawang karena makanan tersebut dapat membentuk gas.

Dot Bayi
Ternyata dot bayi juga bisa menjadi penyebab perut kembung pada bayi. Ujung dot yang ukurannya terlalu kecil atau besar akan memungkinkan udara untuk masuk ke dalam perut bersamaan ketika si kecil meminum susu. Oleh karena itu pastikan Anda memberikan dot sesuai dengan tahapan usia bayi.

Tanda Bayi Mengalami Perut Kembung
Jika bayi menjadi sering rewel dan menangis tanpa sebab yang jelas, sebaiknya Anda memeriksa perutnya. Apabila terasa agak keras dan sesekali buang angin, bisa jadi ini adalah tanda bahwa bayi mengalami perut kembung.

Selain itu selalu perhatikan sikap yang ditunjukkan bayi. Apabila bayi terlihat sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya atau mengangkat-angkat kakinya, ini menunjukkan bahwa bayi sedang merasa tidak nyaman karena perut kembung.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang tepat akan memberikan dampak yang baik pula. Demikianlah beberapa penyebab perut kembung pada bayi dan tanda-tanda ketika bayi mengalami perut kembung. Apabila Anda menemukan tanda-tanda tersebut di atas pada si kecil upayakan untuk segera menerapkan cara mengatasi perut kembung pada bayi.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »