5 Tips Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Januari 09, 2019

Laptop bukan lagi menjadi barang mewah yang identik sebagai kebutuhan sekunder. Seiring perkembangan teknologi yang kian modern, keberadaan barang satu ini bisa berubah menjadi kebutuhan primer. Gadget ini bisa menjadi salah satu alat mencari penghasilan di era digital. Nah, agar benda kesayangan Anda ini bisa bertahan lebih lama, yuk aplikasikan 5 tips merawat laptop agar awet dan tahan lama berikut ini.

1. Jaga kondisi gadget tetap bersih
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah perawatan kebersihan. Pemakaian yang terlalu sering memungkinkan adanya debu dan kotoran yang menempel pada gadget kesayangan Anda ini. Sebaiknya Anda membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum mulai bekerja menggunakan media ini. 

Pasalnya, noda atau sisa minyak bisa menyebabkan kinerja benda elektronik kurang maksimal. Jangan mencoba menempel sticker pada gadget Anda karena sisa sticker yang masih melekat bakal susah dihilangkan. 

2. Menjaga daya tahan baterai
Masalah utama yang sering membuat harga gadget satu ini menurun drastis adalah daya tahan baterai. Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk membuat laptop tahan lama antara lain tidak melakukan charging saat baterai telah penuh 100 persen, tidak membiarkan baterai hingga 0 persen sebab bisa menyebabkan beberapa komponen rusak dan gunakan sesuai kebutuhan. 

Jika benda kesayangan Anda ini telah dipakai dalam kurun beberapa jam, sebaiknya istirahatkan terlebih dahulu agar mesin tidak mengalami overheat. 

Jika benda elektronik kesayangan Anda mengalami overheat, komponen di dalamnya juga mudah rusak. Menjaga suhu tetap normal sangat mendukung laptop yang awet dan tahan lama. Gunakan kipas khusus serta hindarkan dari cahaya matahari secara langsung.

3. Membersihkan sampah dari sistem operasi secara menyeluruh
Agar Anda memiliki laptop tahan lama, sebaiknya senantiasa bersihkan sisa sampah di registry atau sampah file di folder. Sisa sampah penelusuran di media internet bisa menyebabkan kendala pada gadget pribadi Anda ini. Pasalnya, kinerja laptop bisa saja melambat akibat terlalu banyak memiliki tumpukan sampah atau aplikasi yang tidak digunakan. 

4. Memperhatikan program yang ada
Jangan buru-buru membawa gadget Anda ke jasa reparasi kalau mengalami masalah seperti kinerja yang lemot. Penyebab laptop bermasalah bisa karena memiliki banyak aplikasi program. Daya tampung benda elektronik ini bisa saja melebihi kapasitas sehingga menyebabkan kelambatan kinerja. 

Coba cek kembali aplikasi apa saja yang terinstall sehingga Anda bisa menentukan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan aplikasi yang harus dihapus. Hal yang tak kalah penting adalah Anda harus memastikan mengunduh aplikasi atau program dari tempat yang terpercaya agar terhindar dari virus dan lain-lain.

5. Update driver hardware dan software secara berkala
Tips merawat laptop tahan lama dan awet digunakan dalam rentang waktu tertentu adalah selalu melakukan update driver hardware dan software secara berkala. Sistem yang kadaluwarsa perlu diupdate agar bisa digunakan kembali. Cukup kunjungi situs resmi untuk melakukan windows update ini. Mudah, bukan? 

Selain melakukan update hardware dan software, selalu pasang antivirus di gadget Anda agar terhindar dari virus berbahaya. Apalagi kalau Anda selalu terkoneksi dengan jaringan internet yang memungkinkan virus berbahaya merusak sistem atau data pada gadget. 

Lima tips merawat Laptop di atas bisa Anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari agar gadget bisa memiliki umur yang panjang. Perlakukan sebaik mungkin seperti meminimalisir benturan dengan benda lain, jatuh dan sebagainya. Jangan meletakkan minuman atau makanan di atas gadget ini agar tidak terjadi masalah lebih serius. Memiliki benda elektronik yang awet dan tahan lama, kenapa tidak?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »