Cara Pasang GPS Mobil yang Wajib Anda Perhatikan

Januari 29, 2019

Pasang GPS mobil yang baik tentu harus Anda perhatikan. Mengingat kasus pencurian mobil bukan hal yang asing dewasa ini. Untuk meminimalisir tindak kriminalitas yang bisa mengintai siapa saja, Anda bisa mulai mempertimbangkan pemasangan GPS mobil yang tidak merusak komponen mesin mobil. Salah satu inovasi kekinian yang sangat menguntungkan yaitu GPS tracker. 

Bagaimana cara yang direkomendasikan dalam pemasangan GPS tracker di mobil ini? 
 
Cara mendaftarkan kartu SIM dengan GPS tracker di mobil
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan kartu SIM yang akan dipasang pada perangkat GPS. Provider yang direkomendasikan untuk pemasangan GPS tracker adalah Telkomsel dan Indosat. 

Daftarkan kartu SIM dengan paket internet yang terhubung melalui gadget pribadi. Saat memasang kartu SIM, sebaiknya kondisi GPS tracker dalam kondisi mati.  Anda bisa langsung mengaktifkan GPS untuk mengetahui sinyal GPS tidak terganggu. Stiker hologram pada GPS harus menghadap ke bumi agar sinyal yang didapatkan bisa lebih kuat.

Proses pemasangan GPS tracker di mobil yang benar
Memilih penggunaan GPS tracker di mobil berarti Anda bisa mengupayakan keamanan mobil sebab bisa memindai posisi mobil lewat ponsel pintar saja. Sebenarnya cara pasang GPS mobil ini sudah tersedia di buku panduan dan bisa langsung Anda praktikkan saja.
Memahami komponen listrik dengan baik

Cara pertama yang perlu diperhatikan dalam memasang GPS mobil adalah perlu memahami komponen listrik dengan baik. Pasalnya, GPS akan dipasang pada bagian mobil Anda sehingga perlu pemahaman betul antara hubungan listrik dengan komponen mesin mobil agar tidak terjadi kerusakan jangka panjang. Alat yang dibutuhkan dalam pemasangan GPS adalah kabel dan komponen GPS yang hendak dipasang. 

Merakit semua komponen dan melakukan pemasangan dengan benar
Semua komponen yang dibutuhkan perlu dirakit secara sempurna dan dipasang di tempat yang tak terduga. Dalam memasang GPS tracker di mobil, Anda membutuhkan dua kabel yang berada di perangkat GPS tracker yaitu kabel plus dan kabel minus. Sambungkan kabel minus GPS dan kabel minus aki sedangkan kabel plus GPS juga dipasangkan dengan kabel plus aki.

Tempat yang direkomendasikan untuk memasang GPS adalah area yang tidak menghalangi laju sinyal. Tempat yang sering digunakan adalah dashboard atau tempat lain yang dijamin tidak terganggu masalah sinyal. Selain itu, penting sekali meletakkan GPS di tempat yang tidak rawan terkena air seperti bagian bawah mobil. Pasalnya, GPS akan langsung mati saat terkena air atau banjir. GPS tracker yang rusak akibat terkena air tidak akan mendapatkan garansi lho!

Kalau Anda tidak memiliki pengetahuan di bidang pemasangan komponen listrik ini, bisa membawa kendaraan pribadi ke bengkel terpercaya untuk pemasangan GPS mobil yang tidak memakan waktu lama. Hanya butuh waktu 30-45 menit untuk mempraktikkan cara pasang GPS yang benar. Pemasangan GPS yang kurang rapi bisa berdampak pada kerusakan mesin mobil hingga kegagalan pemindaian lokasi kendaraan Anda.

Kelebihan pasang GPS tracker di mobil
GPS tracker direkomendasikan karena sesuai dengan gaya hidup Milenial  yang tidak bisa lepas dari gadget. Anda hanya tinggal memanfaatkan sinyal telepon saja untuk mengetahui lokasi kendaraan pribadi. Selain itu, biaya pembelian dan pemasangan GPS tracker lumayan murah dan praktis. Anda bisa berupaya maksimal meminimalisir kehilangan mobil akibat tindak kejahatan pencurian yang rawan terjadi. 

Tentu ada beberapa kendala yang mengganggu aplikasi GPS tracker ini seperti masalah cuaca yang bisa mengganggu sinyal provider Anda seperti angin kencang, hujan lebat hingga getaran gempa bumi. Namun, selama tidak ada kendala alam atau mengaplikasikan cara pasang GPS mobil yang benar, GPS tracker Anda bisa menjadi solusi meminimalisir risiko kejahatan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »