Rekomendasi Lagu Jazz Enak Didengar Sepanjang Masa

Januari 31, 2019

Lagu jazz enak didengar sangat banyak sekali sejak aliran musik ini muncul akhir abad 19 hingga awal 20-an. Banyak penggemar musik jazz mengatakan bahwa genre musik ini untuk orang-orang cerdas. Benarkah demikian? Anda pasti tidak asing dengan salah satu musisi keturunan Indonesia yang memilih genre jazz dan masuk dalam nominasi Grammy Award yaitu Joey Alexander. 

Ya, musik jazz memang memiliki keindahan tersendiri seperti permainan musik dengan gaya swing, vokal berinteraksi, polyrhythm dan memakai banyak improvisasi. Kini musik jazz telah mengalami banyak perkembangan hingga menciptakan musik jazz yang kekinian. Meski begitu, Anda wajib mengetahui rekomendasi musik jazz tempo dulu yang memiliki nuansa musik enak didengar sepanjang masa berikut ini. 

1. James P Johnson (Charleston, 1923)
Musik jazz klasik satu ini pertama kali diperkenalkan oleh Elisabeth Welch pada pertunjukan musikal Broadway berjudul Running Wild. Lagu Charleston yang ditulis James P Johnson sebenarnya ditulis untuk mengiringi tarian yang bernama Charleston Dance pada masa itu. 

Tetapi, kesuksesan pertunjukan musikal Running Wild membuka mata dunia terhadap lagu ini. Cara sang komposer menuliskan rhythm musik menjadi inpsirasi musisi lain hingga banyak ditampilkan pada film yang dirilis beberapa dekade setelah Charleston ditulis. Keren ya?

2. Miles Davis dan John Coltrane (Kind of Blue, 1959)
Coba Anda dengarkan karya-karya yang tercantum dalam album Kind of Blue milik Miles David pada tahun 1959. Banyak penggemar musik jazz mengaku bahwa Kind of Blue merupakan karya terbaik Miles David yang berhasil menghimpun nama talenta seperti John Coltrane, Bill Evans, Cannonball Adderlay, Paul Chambers dan Jimmy Cobb. 

Tipikal lagu dalam album Kind of Blue memiliki sisi musik jazz yang lembut, soft hi hatt dan improvisasi di beberapa bagian. Yuk, coba masukkan lagu Kind of Blue dalam playlist musik jazz Anda!

3. Ella Fitzgerald dan Louis Amstrong (Summertime, 1958)
Penggemar musik jazz klasik pasti mengidolakan nama Ella Fitzgerald dan Louis Amstrong yang dinobatkan sebagai power couple dari musik jazz. Ella dan Louis sendiri sering terlibat kerja sama dalam penulisan lagu-lagu jazz yang mampu menampilkan sisi humor yang jarang ternikmati dari aliran musik ini. 

Coba dengarkan lagu Summertime yang diambil dari Porgy and Bess pada tahun 1958. Anda bisa merasakan suasana ceria di lagu Summertime. Tak heran kalau lagu satu ini biasa dibawakan banyak musisi jazz hingga sekarang. 

4. Duke Ellington dan John Coltrane (In a Sentimental Mood, 1962)
Lagu In a Sentimental Mood merupakan jenis lagu instrumental murni yang bisa mendefinisikan musik jazz era modern. Mendengarkan lagu dari Duke Ellington dan John Coltrane ini akan membuat Anda tenggelam dalam setiap komposisi lagu yang menyimpan banyak teka-teki. Tak percaya? Masukkan lagu In a Sentimental Mood dalam playlist musik Anda ya!

5. Al Jarreau (Rainbow in Your Eyes, 1976)
Diambil dari Glow, Rainbow in Your Eyes merupakan salah satu lagu jazz enak didengar hingga sekarang. Al Jarreau menganggap instrument musik miliknya sebagai  alat yang menyenangkan termasuk menyembuhkan banyak orang. 

Tak heran kalau vokal Al yang penuh sopan santun dan melakukan improvisasi unik mampu menyedot banyak perhatian. Banyak penikmat musik jazz merasa terhipnotis dan merasakan energi positif dari lagu Rainbow in Your Eyes. 

Itulah 5 rekomendasi lagu jazz enak didengar sepanjang masa di atas wajib Anda coba dengarkan. Tentu masih ada banyak karya musik jazz lain yang harus masuk dalam daftar playlist Anda. Sebut saja nama Coleman Hawkins, Charlie Parker, Art Blakey dan The Jazz Messengers,Dave Brubeck dan masih banyak musisi jazz klasik terbaik lain. Penasaran? Yuk, dengarkan karya mereka yang akan membuat Anda terhanyut dalam setiap komposisi lagu jazz terbaik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »